Sunday 11 April 2010

PETUALANGAN SHERINA: FILM INDONESIA YANG BAGUS

Film Indonesia yang bagus menurutku adalah Petualangan Sherina. Setahuku, film ini adalah pelopor film anak-anak di Indonesia. Sebelumnya film anak-anak lebih popular di luar negeri. Film anak-anak lebih banyak dibuat di luar negeri, seperti Amerika dan Eropa. Apalagi film ini dipadukan dengan genre adventure (petualangan). Kita bisa melihat betapa banyaknya koleksi film anak-anak luar negeri, terutama Hollywood yang bergenre adventure. Bandingkan dengan Indonesia yang saat itu belum memiliki film untuk anak-anak.
Poin yang menambah bagusnya film ini adalah film ini merupakan tunas pembangkit bertumbuhnya kembali perfilman nasional yang sudah lama layu. Dengan adanya kesuksesan film ini, ia merangsang jiwa-jiwa anak muda di Indonesia untuk kembali berkarya memproduksi film. Kita lihat saja setelah Petualangan Sherina, muncullah AAdC (Ada Apa dengan Cinta), Eiffel I’m In Love, Jailangkung, dan kemudian bertambah lagi semakin banyak hingga sekarang.
Kemudian cerita di dalamnya menurutku tidak wagu. Memang genre film ini terkesan sangat meniru film Hollywood sebab bukan kebiasaan perfilman Indonesia membuat film anak-anak yang berpetualang seperti ini. Ada scene anak-anak dikejar penjahat, penculikan, dan scene lain yang sudah umum. Akan tetapi dari segi cerita ia tetap berbeda. Apalagi didukung setting dan latar belakang budaya Indonesia yang cukup kental ditampilkan di film ini. Sehingga yang membedakannya adalah film ini tidak terlalu pop dalam setting dan latar belakang.
Selanjutnya, selain genre anak-anak dan adventure, film ini juga bergenre musikal. Aku rasa aku belum pernah menemukan ini di film Hollywood karena setahuku tidak banyak penyanyi cilik di sana yang sekaligus bisa bermain film. Di Indonesia kebetulan ada Sherina yang saat itu sedang booming sebagai penyanyi dan dimanfaatkanlah dia sebagai penarik cerita. Mungkin itu saja yang bisa kujelaskan, berhubung juga tempat terbatas. Singkat kata, Petualangan Sherina adalah pelopor film anak-anak Indonesia yang kreatif!

No comments:

Post a Comment