Sunday 11 April 2010

NICHOLAS NICKLEBY

Sutradara : Douglas McGrath
Penulis naskah : Charles Dickens
Dirilis : 27 Desember 2002
Genre : Drama
Durasi : 132 menit
Penghargaan : 2 nominasi dan 13 menang
Tokoh utama : Charlie Hunnam (Nicholas Nickleby)
Anne Hathaway (Madeline)
Jamie Bell (Smike)

Film ini bercerita tentang perjalanan hidup Nicholas Nickleby yang akrab disapa Nick dalam membela keluarganya. Pada umur 19 tahun, ayahnya meninggal karena depresi memikirkan hutang. Semenjak itu ia menjadi kepala keluarga di keluarganya. Ia dan keluarga pergi ke London menemui pamannya, Ralph. Oleh pamannya, Nick ditawari bekerja di Asrama Botheboy. Semenjak itulah, petualangan-petualangan besar dialami Nick baik yang menyenangkan atau yang menyedihkan.
Scene yang paling kusukai adalah scene yang memperlihatkan Nick menangis karena sahabat setia sekaligus sepupunya, Smike pergi meninggalkannya untuk selamanya karena penyakit paru-paru. Bagian ini sungguh mengharukan karena sebelumnya Smike dan Nick selalu terlibat bersama-sama dalam menghadapi sejumlah masalah. Sulit rasanya untuk merelakan kepergian sahabat yang selalu bersama-sama kita dalam keadaan sedih dan bahagia. Beberapa menit sebelumnya, Smike mengatakan satu hal yang ia rahasiakan dari Nick, serta permintaannya bila ia meninggal nanti. Setelah itu, akhirnya ia meninggal juga.
Film ini sangat dianjurkan untuk ditonton seluruh keluarga. Film ini mengajarkan kita untuk selalu menyayangi keluarga kita. Nilai-nilai kekeluargaan dalam film ini sangat tergambar pada keluarga Nick yang saling menyayangi satu sama lain, bahkan ketika sang pemimpin keluarga telah meninggal dan kemudian mereka diharuskan hidup terpisah. Nilai persahabatan antara Smike dan Nick juga patut kita junjung. Mereka setia, saling menerima satu sama lain, dan bukanlah persahabatan yang mencari keuntungan semata. Kita juga diajak untuk tidak tamak dan silau terhadap harta dan kekayaan seperti Paman Ralph.

No comments:

Post a Comment