Saturday 26 April 2014

Tahu Gejrot, Kuliner Segar Cirebon

Bicara soal tahu, makanan apa saja yang Anda tahu terbuat dari tahu? Gorengan, tahu petis, kupat tahu kah? Bagaimana dengan tahu gejrot?
Tahu gejrot adalah kuliner khas dari Cirebon. Sesuai namanya, tentu saja tahu menjadi bahan utama dalam kuliner ini. Tahu ini sangat istimewa karena rasanya yang segar. Tak lain dan tak bukan karena racikan bumbunya.

tahu gejrot biasa dimakan dengan menggunakan lidi

Tahu yang digunakan adalah tahu kering yang sudah digoreng dan dipotong sedang. Bumbunya terdiri dari air asam jawa, ulekan cabe hijau dan bawang merah. Terkadang ada pula yang menggunakan bawang putih. Racikan kuah itu pun terasa amat segar karena didukung asam jawa.
Meski berasal dari Cirebon, kuliner ini telah mulai tersebar di berbagai daerah Indonesia. Mulai dari warung, sepeda bergerobak, foodcourt, hingga restoran pun menjadikannya menu. Harganya bervariasi. Namun sejauh yang saya temui di Jogja, harga seporsinya tidak lebih dari Rp 6.000,00.
Ingin cari di Jogja? Anda harus sering-sering berputar di sekitaran Taman Pintar karena sepeda bergerobak yang menjualnya, sering berputar. Atau cobalah ke salah satu stand di Foodcourt Taman Pintar yang menjajakannya. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment