Tuesday 8 April 2014

Obama Tak Hanya di Menteng

Nama Menteng kerap disebut-sebut pada tahun 2008. Penyebutan itu seiring dengan terpilihnya Barrack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat. Di Menteng lah, Obama kecil pernah mengenyam bangku Sekolah Dasar. Namun tak banyak yang tahu jikalau suami dari Michelle Obama ini, juga pernah mengalami masa bahagia di Yogyakarta.

Sebuah rumah klasik bernomor D7 menjadi saksinya. Rumah yang kini menjadi bagian dari Museum UGM itu, menyimpan cerita tentang masa kanak-kanak Barrack Obama. Rumah itu memang tak semewah White House. Catnya didominasi warna putih dan sedikit abu-abu pada aksen kayunya. Kamarnya empat. Toiletnya terdiri dari toilet basah dan kakus yang terpisah ruang. Dengan adanya halaman luas di bagian depan dan belakang rumah, rumah ini bisa dikatakan sangat asri.


Ruang Barry lengkap dengan sejarahnya


Di rumah itulah, Obama kecil atau Barry mengisi liburnya. Bila libur puasa tiba (tahun 1967 - 1971), ibunya yang bernama Ann Dunham, mengajaknya ke Yogyakarta. Bersama ayah tirinya, Lolo Soetoro Ng, mereka menginap di rumah paman tiri Obama yaitu Prof. Drs. Iman Sutiknyo. Prof. Drs. Iman Sutiknyo adalah dosen Fakultas Pertanian dan suami dari kakak perempuan Lolo Soetoro Ng.

Di rumah itu, Barry tidur sekamar dengan pamannya. Kasur inilah yang dikenakannya.

Tata letak tempat Barry tidur

Selagi Barry berlibur, Ann Dunham melakukan penelitian di pelosok Daerah Istimewa Yogyakarta. Ann Dunham memang dikenal giat di bidang akademik. Selama di Jogja, ia meneliti di Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo. Ann Dunham pun tak segan-segan berbaur dengan penduduk desa saking ramah dan menyenangkannya ia.

Beberapa foto Ann Dunham selama penelitian di DIY


Jika Anda tak percaya, bolehlah mampir ke Museum UGM yang beralamatkan di Perumahan Dosen UGM D7 Bulaksumur, Yogyakarta. Museum ini buka pada jam kerja dan tiketnya gratis. Selain Obama, Anda juga akan disuguhi dengan aneka sejarah dan tokoh-tokoh yang menyertai tumbuh kembangnya UGM seperti Prof. Dr. Sardjito dan Sri Sultan HB IX.

No comments:

Post a Comment