Friday 4 April 2014

Kembali Kanak-Kanak di Kolong Tangga

Apa yang kau mainkan saat kecil? Dakon, sempritan burung, ular tangga, atau Barbie? Semuanya ada di Kolong Tangga!

Museum Anak Kolong Tangga
Kolong Tangga yang satu ini bukanlah sudut remang di bawah tangga yang sempit dan berdebu. Bukan juga tempat ibu menaruh sapu dan alat pel lantai. Kolong Tangga adalah museum anak-anak yang bertempat di lantai dua Taman Budaya Yogyakarta. Museum yang diprakarsai seorang peneliti anak dari Belgia ini, menyimpan aneka kenangan masa kanak-kanak kita. Mulai dari permainan sampai kisah-kisah atau sejarahnya. Meski berfokus pada anak-anak di masa lampau, Kolong Tangga tak melupakan masa kini.
Menilik museum ini, saya seakan sadar bahwa saya hidup tengah-tengah era koleksi museum ini. Saya tidak sampai bermain Barbie tapi juga tidak bermain permainan yg terlalu tradisional yang terbuat dari kayu atau tanah liat. Sangat menarik dan membuat siapapun yang ke dalamnya bernostalgia.
Mainan di Kolong Tangga berasal dari seluruh penjuru Indonesia dan juga dari luar negeri. Sebutlah Toraja atau juga Kongo. Dari modern hingga tradisional. Dilihat dari bahan pembuatannya, ada yang dari kayu, kaleng, tanah liat, kertas, hingga plastik. Mau lihat Snow White atau Superman juga ada.

permainan dakon
Bagian menarik, menurut saya, ada di bagian terakhir dari museum. Bagian-bagian itu menyuguhkan peralatan sekolah di masa lalu. Di mana siswa menulis masih dengan sabak dan grip. Mejanya masih bersudut miring dengan bolongan di tengah meja. Bangkunya dibuat terhubung dengan meja. Meski tidak mengalami masa prihatin mencatat pelajaran dengan sabak dan grip (yang kemudian akan dihapus dan hanya tersimpan di otak), tapi meja miring beserta bangku itu masih ada ketika saya menimba ilmu di tingkat SD.

Simulasi kecil ruang kelas di masa lalu
Amat menarik mengunjungi museum ini. Cukup merogoh Rp 4.000,00 dr kantong, Anda sudah bisa menikmati permainan kanak-kanak yang sekarang entah di mana disimpan. Selamat berkunjung!

No comments:

Post a Comment