Tuesday 10 January 2012

Histeria 2012




Jutaan orang di dunia pasti tidak akan melewatkan apa yang disebut malam pergantian tahun baru. Mereka semua, entah di Greenwich, London, Paris, atau pun Indonesia, akan tumpah ruah turun ke jalanan merayakannya. Tradisi manusia dari tahun ke tahun adalah membawa properti berupa terompet dan kembang api untuk menandai bahwa inilah waktunya, tahun telah berganti. Pun, tak terkecuali di Yogyakarta.

Saya yang biasanya melewatkan malam tahun baru bersama keluarga, kali ini mencoba keluar zona. Saya dan kawan-kawan Pers Mahasiswa SKM UGM Bulaksumur, berkumpul bersama di markas besar. Sengaja untuk melewatkan malam tahun baru bersama-sama. Tidak pandang bulu apakah kami jomblo atau tidak, semua berkumpul begitu saja. Yang punya pacar ya pacarnya dibawa serta, yang tidak ya nasibmu! Hahaha....

Yang awalnya sedikit, lama-lama menjadi bukit. Satu per satu, orang-orang berdatangan. Tanpa babibu, langsung saja kami persiapkan acara tahun baruan. Tungku dipasang bersama baranya dan laptop dinyalakan bersama mic dan speakernya. Sebagian orang membakar jagung dan ubi. Sebagian lagi berkaraoke ala minilyric. Tak hanya itu, semakin berdatangan para anggota, maka suplai makanan juga semakin banyak. Saat itu juga saya bisa membedakan mana kripik Ma’Icih level pedas 10 yang asli dan palsu. Tak kalah asyik, saya pun makan duren yang manisnya tak terlupakan sampai sekarang. Haha, sedikit lebay!

Sedangkan itu, awalnya kawan-kawan yang malu untuk berkaraoke satu per satu penasaran. Dimulai dari Etha diikuti pacarnya Prem (yang membentuk duo Anang-Ashanty, eh Anang-Syahrini), kemudian Aji, Juned (sedikit malu-malu karena direkam), Bang Beryl, Kecap (baru datang langsung minta mic), kemudian Ijat (karaoke di kala sepi dengan lagu Armada). Serunya, saya merekam suara mereka dengan software di laptop tanpa mereka sadari. Padahal mata mereka juga tertuju ke laptop. Tanpa bermaksud iseng, tapi fasilitas karaoke di laptopku emang begitu. Seharusnya bisa direkam dengan video juga, akan tetapi softwarenya menyebalkan! Hehehe...

Gambar 1. Suasana malam tahun baru di SKM UGM Bulaksumur. Ada yang karaoke, bakar jagung dan ketela, dan tentunya narsis. (Foto: Vita Kent)

Then, tengah malam kurang beberapa dari kami berjalan menuju Bunderan UGM. Di sana sudah ramai sekali. Biasanya ramai karena kendaraan, kini ramai dengan lautan manusia. Mau menyeberang ke tengah bunderan pun tak usah ragu. Selanjutnya parade kembang api berturutan mempesona penontonnya. Dari sekian parade, kembang api dari arah Gramedia merupakan yang paling hebat dan keren. Pancuran cahayanya pun tidak biasa dan besar-besar. Saya pikir, pasti paling mahal kembang apinya. Di sela-sela menonton pertunjukkan itu, ada sesi curhat dengan sahabat saya. Dia cerita masalahnya, saya juga cerita masalah terkini saya. Ternyata baru saya sadari, midnight always be the right quality time to share everything. Paling tidak, sampai kini pengalaman saya mengatakan demikian.


Kembang Api di Bunderan UGM

Akhirnya kita semua telah menginjak 2012. Ibarat menginjak tanah yang berbeda, harus ada banyak penyesuaian dan adaptasi dengan tanah yang diinjak. Hendaknya kita menginjak tahun yang baru dengan harapan yang berbeda pula. Tujuannya satu, mencapai perubahan yang mampu merubah diri kita sebaik mungkin dibanding tahun sebelumnya. Oleh karena itu, membuat sebuah resolusi adalah hal yang dipandang sangat urgen. Saya mau tahun 2012 lulus, saya mau dapat pacar, dll. Mungkin itu harapan yang kerap diingini orang. Apapun itu, yakinkan resolusimu bukan hanya sekedar resolusi! Resolusi adalah revolusi bagi diri! Bagaimana anda merevolusikan diri anda, itu tergantung diri anda. “Hidup itu penuh dengan pilihan, maka dari itu tidak semuanya bisa dilakukan. Maka dari itu perlu adanya PRIORITAS!” (Tung Desem Waringin)

Akhir kata, Happy New Year everybody! Selamat memulai mencicil resolusimu, selamat berevolusi!

NB: Mengapa tahun baru 2012 jatuh pada hari Minggu? Agar hari Senin, Anda langsung bekerja mencicil resolusi Anda! :D

No comments:

Post a Comment