Wednesday 13 October 2010

Mereka yang Sangat Jarang Ada

Di dunia ini, ada beragam cara manusia untuk mencari uang dan memenuhi kebutuhan hidup. Yang perlu kita perhatikan adalah ada segelintir orang yang mencari uang dengan cara yang unik dan berbeda. Penghasilannya sedikit, akan tetapi mereka-mereka tetap setia menjalani hal itu. Yang penting lagi adalah halal! Ya, halal! Lebih baik bergaji sedikit daripada bergaji banyak akan tetapi tidak halal! Daripada para penjahat di jalanan atau penjahat di gedung mewah sana.


Entah apa nama profesi ini. Aku menyebutnya dengan Tukang Siter. Tak hanya bermain siter, ia juga menembangkan lagu-lagu Jawa. Suaranya merdu dan sangat "njawa". Keberadaannya bisa ditemukan di Purbalingga.

Coba perhatikan topinya! Setahuku itu adalah topi yang biasa diberikan oleh Kepresidenan Republik Indonesia. Entah asli atau palsu, bisa jadi itu wujud apresiasi dari presiden kepada sosok pelestari budaya ini.



Seorang lelaki yang mencari sesuap nasi dengan cara membenahi payung-payung yang rusak. Entah berapa kilometer per hari ia berjalan kaki demi profesi ini.

No comments:

Post a Comment